Majelis Himmah MajelisHimmah.com merupakan media online sebagai ruang taklim untuk belajar agama Islam dengan merujuk dari kitab-kitab salafussolhin.

APAKAH KAMAR MANDI KAMU BEGINI?

2 min read

Sahabat yang dirahmati Allah Ta’ala, sebagai salah satu syarat agar sholat kita sah adalah sucinya kita dari berbagai najis, baik pada pakaian kita, pada badan kita dan pada tempat sholat kita. Salah satu najis yang sehari-hari kita sering mendapatinya adalah kotoran yang keluar dari lubang kemaluan, baik depan atau belakang. Setiap kita selesai buang air, kita diharuskan untuk mensucikan kembali lubang kemaluan kita dengan membasuhnya menggunakan air. Dengan begitu, najis tadi menjadi hilang.

Nah, yang ingin kita bahas sekarang adalah bahwa tidak semua air bisa digunakan untuk menghilangkan najis. Hanya air yang memenuhi syarat saja yang bisa digunakan untuk itu. Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas, apa saja syarat air yang bisa dan tidak bisa digunakan untuk bersuci. Sahabat bisa membukanya kembali di website ini.

BERUBAH SIFATNYA

Di antaranya adalah air yang sudah berubah sifatnya, baik baunya, warnanya atau rasanya. JIka baunya, atau rasanya, atau warnanya ada yang sudah berubah maka air tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk bersuci.

Maka di kamar mandi, sahabat perlu menghindari meletakkan sabun, shampo atau perlengkapan mandi lainnya di dinding bak mandi. Gunanya adalah agar jangan sampai tetesan sabun tersebut masuk ke dalam bak mandi sehingga berpotensi merubah sifat air di dalamnya. Jika masuknya tadi tidak sampai merubah sifatnya maka tidaklah mengapa. Namun jika sampai berubah sifat airnya, maka tentunya air itu tidak bisa digunakan untuk bersuci lagi. Sahabat tidak lagi bisa menggunakannya untuk istinja (cebok), untuk berwudhu, maupun untuk mencuci pakaian yang terkena najis.

KEMASUKAN NAJIS

Di antaranya juga, adalah air yang kemasukan najis. JIka air itu kemasukan najis sedangkan airnya sedikit (dibawah 217 liter) maka air itu tidak lagi bisa digunakan bersuci. Kecuali jika airnya itu banyak, walaupun kemasukan najis dia tetap bisa digunakan untuk bersuci asal airnya tidak berubah sifatnya.

Maka di kamar mandi, sahabat perlu berhati-hati jika menggunakan bak mandi yang ukurannya kecil atau isi airnya di bawah 217 liter. Sebab begitu ada najis masuk ke dalamnya, walaupun hanya sedikit, otomatis air itu menjadi tidak suci lagi. Masuknya bisa saja dengan kecipratan saat buang air kecil atau bisa saja karena kemasukan gayung yang ada cipratan najisnya saat kita menyiram kotoran kita.

TIPS DI KAMAR MANDI

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk kamar mandi kita :

  1. Jika menggunakan bak mandi ukuran besar, seringlah menjaga agar isinya selalu banyak. Sehingga seandainya kemasukan najis pun airnya tetap suci asal sifat airnya tidak ada yang berubah.
  2. Jika sahabat menggunakan ember plastik, jangan letakkan posisinya di depan saat kita duduk. Kemungkinan tercipratnya air kencing ke dalam ember itu sangat besar sekali.
  3. Jangan kencing berdiri. Selain karena menyalahi sunnah, kencing berdiri juga membuat cipratannya jadi kemana-mana, termasuk ke ember air.
  4. Jangan letakkan sabun batangan atau sahampo sachet di pinggiran bak mandi, sebab sangat besar kemungkinan mengalir ke bak mandi sehingga merubah sifat airnya.
  5. Saat menyiram kotoran dengan gayung, berhati-hatilah. Jangan sampai cipratan najisnya terkena gayung. Kalau bak mandi anda kecil niscaya akan ikut jadi najis jika gayung itu dicelupkan lagi ke dalamnya.
  6. Jika gayung anda sudah terlanjur kecipratan najis, maka siramlah dulu dengan air atau celupkanlah ke bak mandi besar yang airnya banyak untuk menghilangkan najisnya dulu.

Demikian beberapa hal yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.
Jika sahabat membaca ini untuk sendiri, maka sahabat mendapatkan satu manfaat kebaikan. Jika sahabat menyebarkan kembali ilmu ini, maka sahabat mendapatkan pahala tanpa batas, sebanyak orang yang membacanya lagi dan mengamalkannya sampai hari kiamat.

Jangan lupa membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya. Jangan sungkan untuk memilih opsi share yang tersedia.

0
Majelis Himmah MajelisHimmah.com merupakan media online sebagai ruang taklim untuk belajar agama Islam dengan merujuk dari kitab-kitab salafussolhin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *